Belajar Dengan Percaya Diri
Saya adalah
Guru sekaligus sebagai wali kelas 1 di SD .................. Dengan jumlah
siswa sebanyak 21, anak, laki-laki 13 sedangkan yang perempuan berjumlah 8
anak.
Pada suwatu
waktu saya mengajar IPA tentang bagian-bagian tubuh dan kegunaannya seperti
hari-hari biasanya saya selalu mengabsensi kehadiran siswa apakah siswa pada
hari ini masuk semua atau tidak, kemudian melakukan apersepsi pada siswa
tentang bagian-bagian tubuh dan kegunaannya ketika PBM sedang berlangsung saya
mengajukan pertanyaan kepada siswa antaranya fungsi mata kita untuk apa?
anak-anak serentak menjawab hampir semua siswa menjawab pertanyaan yang saya
berikan, kemudian saya bertanya lagi bagaimana cara merawat mata dengan baik?
yang menjawab pertanyaan yang saya ajukan hanya 7 anak yang bisa menjawab.
Kemudian saya langsung menjelaskan materi dan meminta anak supaya memperhatikan
dan mendengarkan penjelasan dari saya supaya dapat di pahami dengan baik.
Setelah
selesai menjelaskan materi pada siswa, saya menguji pada siswa, saya menguji
mereka dengan memberikan soal-soal latihan supaya dikerjakan dengan baik dan
benar. Sambil menunggu hasil jawaban anak-anak saya pantau dari depan kelas,
kemudian saya merenung apa yang di buat oleh siswa ternyata anak-anak saling
bekerja sama satu dengan yang lain bahkan sampai ramai di dalam kelas. Kemudian
saya merenung dan bertanya pada diri saya sendiri apakah penjelasan yang saya
terangkan tadi terlalu cepat, atau anak-anak tidak mendengarkan sama sekali
sehingga anak-anak tidak bisa menjawab soal yang saya berikan, atau soalnya
terlalu sulit untuk di pahami oleh anak. Saya bertanya kepada anak-anak apakah
soal yang saya berikan terlalu sulit bagi kamu? Hampir semua anak menjawab
tidak, kemudian saya bertanya lagi kenapa kamu ramai dan bekerja sama saat saya
suruh mengerjakan soal? Anak-anak menjawab saya takut salah Bu? Akhirnya saya
mengaambil kesimpulan Ternyata permasalahan yang di hadapi anak adalah kurang
percaya diri atas pekerjaannya sendiri dan saya pada waktu itu tidak
menggunakan alat peraga/media.
KAJIAN KRITIS
Belajar Dengan Percaya Diri
Saya adalah
Guru sekaligus sebagai wali kelas 1 di SD .................. Dengan jumlah
siswa sebanyak 21 anak, laki-laki 13 sedangkan yang perempuan berjumlah 8 anak.
Pada suwatu
waktu saya mengajar IPA tentang bagian-bagian tubuh dan kegunaannya seperti
hari-hari biasanya saya selalu mengabsensi kehadiran siswa apakah siswa pada
hari ini masuk semua atau tidak, kemudian melakukan apersepsi pada siswa
tentang bagian-bagian tubuh dan kegunaannya ketika PBM sedang berlangsung saya
mengajukan pertanyaan kepada siswa antaranya fungsi mata kita untuk apa?
anak-anak serentak menjawab hampir semua siswa menjawab pertanyaan yang saya
berikan, kemudian saya bertanya lagi lagi bagaimana cara merawat mata dengan
baik? yang menjawab pertanyaan yang saya ajukan hanya 7 anak yang bisa
menjawab. Kemudian saya langsung menjelaskan materi dan meminta anak supaya
memperhatikan dan mendengarkan penjelasan dari saya supaya dapat di pahami
dengan baik.
Setelah
selesai menjelaskan materi pada siswa, saya menguji pada siswa, saya menguji
mereka dengan memberikan soal-soal latihan supaya dikerjakan dengan baik dan
benar. Sambil menunggu hasil jawaban anak-anak saya pantau dari depan kelas,
kemudian saya merenung apa yang di buat oleh siswa ternyata anak-anak saling
bekerja sama satu dengan yang lain bahkan sampai ramai di dalam kelas. Kemudian
saya merenung dan bertanya pada diri saya sendiri apakah penjelasan yang saya
terangkan tadi terlalu cepat, atau anak-anak tidak mendengarkan sama sekali
sehingga anak-anak tidak bisa menjawab soal yang saya berikan, atau soalnya
terlalu sulit untuk di pahami oleh anak. Saya bertanya kepada anak-anak apakah
soal yang saya berikan terlalu sulit bagi kamu? Hampir semua anak menjawab
tidak, kemudian saya bertanya lagi kenapa kamu ramai dan bekerja sama saat saya
suruh mengerjakan soal? Anak-anak menjawab saya takut salah Bu? Akhirnya saya
mengaambil kesimpulan Ternyata permasalahan yang di hadapi anak adalah kurang
percaya diri atas pekerjaannya sendiri dan saya pada waktu itu tidak
menggunakan alat peraga/media.
KRITIK
Saat guru
menyampaikan materi sering menghadapi permasalahan. Permasalahan yang timbul
adalah kemungkinan besar adalah cara menentukan metode pembelajaran sehingga
siswa terkadang merasa bosan. Untuk mengantisipasi permasalahan yang kita
hadapi seorang guru harus bisa menentukan metode pembelajaran yang tepat. Oleh
sebab itu saya mencoba menggunakan atau menerapkan sebuah metode pembelajaran
yang cukup menyenangkan siswa. yang menerapkan siswa secara langsung saat
Proses Belajar Mengajar yaitu dengan menggunakan media gambar
Hampir
semua pakar pendidikan yang saya pernah saya baca, menyarankan agar setiap guru
melibatkan peran aktif siswa dalam mendalami materi. Setelah metode ini saya
gunakan ternyata dampak yang tejadi sangat memuaskan bagi saya pribadi hasil
keberhasilan siswa. Oleh sebab itu kami sangat berharap agar menjadi rujukan
bagi guru-guru yang lain untuk memperbaiki hasil dan kualitas belajar.
JURNAL BELAJAR
Pengalaman
|
Pada pembelajaran IPA tentang bagian-bagian
tubuh dan kegunaannya saya merasa senang karena hasil belajar siswa sangat
memuaskan.
|
Materi
yang di pahami
|
Tentang bagian-bagian tubuh dan kegunaannya dengan
menggunakan media gambar
|
Materi
yang belum di pahami
|
Materi tentang bagian-bagian tubuh
dan kegunaannya karena waktu yang di butuhkan sangat lama
|
Cara
mengatasi
|
Menjelaskan pertemuan berikutnya
|
upaya
|
Menjelaskan dan bertanya pada guru
dan keluarga di rumah.
|
LESSON STUDY
Tindakan
yang di pilih untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam belajar IPA dengan
pokok bahasan tentang bagian-bagian tubuh dan kegunaannya dengan melaksanakan
pembelajaran dengan menggunakan media gambar.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SD .................
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : I/1
Alokasi Waktu : 2x30 Menit
I. Standar Kompetensi
1.
Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya
II. Kompetensi Dasar
1.1
Mengenal
bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya.
III. Indikator
·
Menunjukkan
bagian-bagian tubuh
·
Menjelaskan
bagian-bagian tubuh
·
Memberikan
contoh cara merawat bagian-bagian tubuh dengan baik
IV. Tujuan
·
Siswa
mampu Menunjukkan bagian-bagian tubuh
·
Siwa
dapat Menjelaskan bagian-bagian tubuh
·
Siswa
dapat Memberikan contoh cara merawat bagian-bagian tubuh dengan baik
V. Materi Pokok
·
Bagian-bagian
tubuh dan kegunaannya
VI. Metode
·
Ceramah
·
Tanya
jawab
·
Penugasan
VI. Media
·
Gambar-gambar
bagian-bagian tubuh
VII. Sumber Belajar
S. Rositawaty- Aris Muharam. Senang Belajar Ilmu Pengetahuan
Alam untuk kelas I Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Champion Smart
VIII. Langkah-langkah pembelajaran
1.
Kegiatan
Awal (5 menit)
·
Apersepsi
2.
Kegiatan
Inti (40 menit)
·
Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang bagian-bagian tubuh dan kegunaannya
·
Siwa
mengamati gambar bagian-bagian tubuh yang ada di alat peraga
·
Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang cara merawat bagian tubuh yang baik
·
Siswa
menyebutkan bagian-bagian tubuh
3.
Kegiatan
Akher (15 menit)
·
Siswa
mengerjakan LKS
IX. Evaluasi/ Penilaian
·
Prosedur
Tes : Tes dalam proses dan akher
·
Jenis
Tes : Tes Tulis
·
Bentuk
tes : Subyektif tes
·
Soal
Latihan
Jawablah pertanyaan di bawah ini!
1.
Berapa
kali kamu mndi dalam satu hari ...............
2.
Benda
apa saja yang digunakan untuk menggosok gigi............
3.
Benda
apa saja yang digunakan untuk merapikan rambut ...............
4.
Kapan
kamu mencuci tangan ..................
5.
Sebutkan
alat-alat yang di gunakan untuk mandi ...........
Prosedur Penilaian
No
|
jawaban
|
skor
|
1.
|
Dua kali sehari
|
10
|
2.
|
Sikat gigi, dan pasta gigi
|
10
|
3.
|
Minyak rambut, dan Sisir
|
20
|
4.
|
Saat mau makan
|
20
|
5.
|
Sabun, handuk
|
40
|
|
Total
|
100
|
.................,
2010
Mengetahui Guru
Kelas
Kepala Sekolah
................. .................
NIP : ................. NIP. : .................
No comments:
Post a Comment