ARTIKEL POPULER|KARYA ILMIAH: CONTOH CASE STUDY

MY ARTIKEL TOP

Wednesday, 25 April 2018

CONTOH CASE STUDY


Belajar Dengan Percaya Diri
Saya adalah Guru sekaligus sebagai wali kelas 1 di SD .................. Dengan jumlah siswa sebanyak 21, anak, laki-laki 13 sedangkan yang perempuan berjumlah 8 anak.
Pada suwatu waktu saya mengajar IPA tentang bagian-bagian tubuh dan kegunaannya seperti hari-hari biasanya saya selalu mengabsensi kehadiran siswa apakah siswa pada hari ini masuk semua atau tidak, kemudian melakukan apersepsi pada siswa tentang bagian-bagian tubuh dan kegunaannya ketika PBM sedang berlangsung saya mengajukan pertanyaan kepada siswa antaranya fungsi mata kita untuk apa? anak-anak serentak menjawab hampir semua siswa menjawab pertanyaan yang saya berikan, kemudian saya bertanya lagi bagaimana cara merawat mata dengan baik? yang menjawab pertanyaan yang saya ajukan hanya 7 anak yang bisa menjawab. Kemudian saya langsung menjelaskan materi dan meminta anak supaya memperhatikan dan mendengarkan penjelasan dari saya supaya dapat di pahami dengan baik.
Setelah selesai menjelaskan materi pada siswa, saya menguji pada siswa, saya menguji mereka dengan memberikan soal-soal latihan supaya dikerjakan dengan baik dan benar. Sambil menunggu hasil jawaban anak-anak saya pantau dari depan kelas, kemudian saya merenung apa yang di buat oleh siswa ternyata anak-anak saling bekerja sama satu dengan yang lain bahkan sampai ramai di dalam kelas. Kemudian saya merenung dan bertanya pada diri saya sendiri apakah penjelasan yang saya terangkan tadi terlalu cepat, atau anak-anak tidak mendengarkan sama sekali sehingga anak-anak tidak bisa menjawab soal yang saya berikan, atau soalnya terlalu sulit untuk di pahami oleh anak. Saya bertanya kepada anak-anak apakah soal yang saya berikan terlalu sulit bagi kamu? Hampir semua anak menjawab tidak, kemudian saya bertanya lagi kenapa kamu ramai dan bekerja sama saat saya suruh mengerjakan soal? Anak-anak menjawab saya takut salah Bu? Akhirnya saya mengaambil kesimpulan Ternyata permasalahan yang di hadapi anak adalah kurang percaya diri atas pekerjaannya sendiri dan saya pada waktu itu tidak menggunakan alat peraga/media.
KAJIAN KRITIS
Belajar Dengan Percaya Diri
Saya adalah Guru sekaligus sebagai wali kelas 1 di SD .................. Dengan jumlah siswa sebanyak 21 anak, laki-laki 13 sedangkan yang perempuan berjumlah 8 anak.
Pada suwatu waktu saya mengajar IPA tentang bagian-bagian tubuh dan kegunaannya seperti hari-hari biasanya saya selalu mengabsensi kehadiran siswa apakah siswa pada hari ini masuk semua atau tidak, kemudian melakukan apersepsi pada siswa tentang bagian-bagian tubuh dan kegunaannya ketika PBM sedang berlangsung saya mengajukan pertanyaan kepada siswa antaranya fungsi mata kita untuk apa? anak-anak serentak menjawab hampir semua siswa menjawab pertanyaan yang saya berikan, kemudian saya bertanya lagi lagi bagaimana cara merawat mata dengan baik? yang menjawab pertanyaan yang saya ajukan hanya 7 anak yang bisa menjawab. Kemudian saya langsung menjelaskan materi dan meminta anak supaya memperhatikan dan mendengarkan penjelasan dari saya supaya dapat di pahami dengan baik.
Setelah selesai menjelaskan materi pada siswa, saya menguji pada siswa, saya menguji mereka dengan memberikan soal-soal latihan supaya dikerjakan dengan baik dan benar. Sambil menunggu hasil jawaban anak-anak saya pantau dari depan kelas, kemudian saya merenung apa yang di buat oleh siswa ternyata anak-anak saling bekerja sama satu dengan yang lain bahkan sampai ramai di dalam kelas. Kemudian saya merenung dan bertanya pada diri saya sendiri apakah penjelasan yang saya terangkan tadi terlalu cepat, atau anak-anak tidak mendengarkan sama sekali sehingga anak-anak tidak bisa menjawab soal yang saya berikan, atau soalnya terlalu sulit untuk di pahami oleh anak. Saya bertanya kepada anak-anak apakah soal yang saya berikan terlalu sulit bagi kamu? Hampir semua anak menjawab tidak, kemudian saya bertanya lagi kenapa kamu ramai dan bekerja sama saat saya suruh mengerjakan soal? Anak-anak menjawab saya takut salah Bu? Akhirnya saya mengaambil kesimpulan Ternyata permasalahan yang di hadapi anak adalah kurang percaya diri atas pekerjaannya sendiri dan saya pada waktu itu tidak menggunakan alat peraga/media.
KRITIK
Saat guru menyampaikan materi sering menghadapi permasalahan. Permasalahan yang timbul adalah kemungkinan besar adalah cara menentukan metode pembelajaran sehingga siswa terkadang merasa bosan. Untuk mengantisipasi permasalahan yang kita hadapi seorang guru harus bisa menentukan metode pembelajaran yang tepat. Oleh sebab itu saya mencoba menggunakan atau menerapkan sebuah metode pembelajaran yang cukup menyenangkan siswa. yang menerapkan siswa secara langsung saat Proses Belajar Mengajar yaitu dengan menggunakan media gambar
Hampir semua pakar pendidikan yang saya pernah saya baca, menyarankan agar setiap guru melibatkan peran aktif siswa dalam mendalami materi. Setelah metode ini saya gunakan ternyata dampak yang tejadi sangat memuaskan bagi saya pribadi hasil keberhasilan siswa. Oleh sebab itu kami sangat berharap agar menjadi rujukan bagi guru-guru yang lain untuk memperbaiki hasil dan kualitas belajar.
JURNAL BELAJAR
Pengalaman
Pada pembelajaran IPA tentang bagian-bagian tubuh dan kegunaannya saya merasa senang karena hasil belajar siswa sangat memuaskan.
Materi yang di pahami
Tentang  bagian-bagian tubuh dan kegunaannya dengan menggunakan media gambar
Materi yang belum di pahami
Materi tentang bagian-bagian tubuh dan kegunaannya karena waktu yang di butuhkan sangat lama
Cara mengatasi
Menjelaskan pertemuan berikutnya
upaya
Menjelaskan dan bertanya pada guru dan keluarga di rumah.
LESSON STUDY
Tindakan yang di pilih untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam belajar IPA dengan pokok bahasan tentang bagian-bagian tubuh dan kegunaannya dengan melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media gambar.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan  : SD .................
Mata Pelajaran        : IPA
Kelas/Semester       : I/1
Alokasi Waktu          : 2x30 Menit
I. Standar Kompetensi
                1. Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya
II. Kompetensi Dasar
1.1     Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya.
III. Indikator
·         Menunjukkan bagian-bagian tubuh
·         Menjelaskan bagian-bagian tubuh
·         Memberikan contoh cara merawat bagian-bagian tubuh dengan baik
IV. Tujuan
·         Siswa mampu Menunjukkan bagian-bagian tubuh
·         Siwa dapat Menjelaskan bagian-bagian tubuh
·         Siswa dapat Memberikan contoh cara merawat bagian-bagian tubuh dengan baik
V. Materi Pokok
·         Bagian-bagian tubuh dan kegunaannya
VI. Metode
·         Ceramah
·         Tanya jawab
·         Penugasan
VI. Media
·         Gambar-gambar bagian-bagian tubuh
VII. Sumber Belajar
S. Rositawaty- Aris Muharam. Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam untuk kelas I Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Champion Smart
VIII. Langkah-langkah pembelajaran
1.        Kegiatan Awal (5 menit)
·         Apersepsi
2.        Kegiatan Inti (40 menit)
·         Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang bagian-bagian tubuh dan kegunaannya
·         Siwa mengamati gambar bagian-bagian tubuh yang ada di alat peraga
·         Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang cara merawat bagian tubuh yang baik
·         Siswa menyebutkan bagian-bagian tubuh
3.        Kegiatan Akher (15 menit)
·         Siswa mengerjakan LKS
IX. Evaluasi/ Penilaian
·         Prosedur Tes          : Tes dalam proses dan akher
·         Jenis Tes : Tes Tulis
·         Bentuk tes               : Subyektif tes

·         Soal Latihan
Jawablah pertanyaan di bawah ini!
1.        Berapa kali kamu mndi dalam satu hari ...............
2.        Benda apa saja yang digunakan untuk menggosok gigi............
3.        Benda apa saja yang digunakan untuk merapikan rambut ...............
4.        Kapan kamu mencuci tangan ..................
5.        Sebutkan alat-alat yang di gunakan untuk mandi ...........
Prosedur Penilaian
No
jawaban
skor
1.
Dua kali sehari
10
2.
Sikat gigi, dan pasta gigi
10
3.
Minyak rambut, dan Sisir
20
4.
Saat mau  makan
20
5.
Sabun, handuk
40

Total
100
.................,      2010
Mengetahui                                                                                             Guru Kelas
Kepala Sekolah                                                                                                      

.................                                                                                               .................
NIP : .................                                                                                      NIP. : .................

No comments:

Post a Comment